Mobile Phone

22 Januari 2009

Apakah Motherboard Itu?

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard semua komponen pada PC anda akan disatukan. Motherboard merupakan tempat laju data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
Komponen-komponen dari Motherboard:
1. Konektor Power. Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari 2 bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap disitu. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiriatas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX
2. Socket atau Slot Prosesor adalah Tempat untuk menaruh Prosessor
3. Socket Memori. Memory yang ada saat ini adalah type DDR, DDR2 dan DDR3. Memory DDR memiliki slot DIMM 184 pin dengan konfigurasi 32Mx8 8chip, 64Mx8 16chip. Memory DDR2 memiliki slot DIMM 240 pin dengan konfigurasi chip 64Mx8 16chip, 32Mx8 8chip. Dan yang terbaru adalah DDR3 yang memiliki slot sama dengan DDR2 tapi hanya dengan konfigurasi 32Mx8 8chip.
4. Konektor Floppy , IDE, dan SATA. Konektor ini menghubungkan motherboard dengan floppy disk atau harddisk.
5. Slot AGP atau PCI-Express. Slot ini untuk menambahkan kartu grafis yang dirasa masih kurang memuaskan dari VGA nya motherboard.
6. South bridge controller. Peripheral kontroler yang mensupport perangkat control, PCI, Storage Controller, USB/IEE 1394, ACPI, Lan, audio
7. North bridge controller. Peripheral controller yang mrnghubungkan Ram, CPU, Graphic device. memutuskan tugas-tugas tertentu yang diperlukan untuk pengolahan cpu
8. Standby Power LED. Led ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
9. PCI slots. Pengembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensupport bus master PCI card seperti SCSI atau card LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s.
10. PS/2 Mouse Port. Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.
11. Port Paralel dan Serial. Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port parallel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan peripheral tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse.Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.
12. RJ-45 Port. Port 25-pin ini untuk digunakan untuk jaringan (Network).
13. Jack line in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi bass/tengah.
14. Jack line out (hijau) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi speaker out depan
15. Jack mic (pink) ini menghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel fungsi jack ini untuk menyambungkan suara kita ke tempat lain.
16. USB 2.0 port 1 dan port 2. kedua port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
17. USB 2.0 port 3 dan port 4. kedua port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untukmenghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
18. Video Graphics Adapter Port. Port 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yangkompatibel.
19. Konektor Keyboard. Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2.Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yangmodel PS/2 punya, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT
20. Batere CMOS. Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang. Jika motherboard secara keseluruhan tidak berfungsi ada kemungkinan Batere CMOS harus diganti.

Komentar :

ada 0 Comments ke “Apakah Motherboard Itu?”