Mobile Phone

27 Januari 2009

Procedure Upgrade BIOS (Basic Input Output System)

Apakah Prosesor anda tidak bekerja sesuai dengan kemampuannya? Apakah pada saat anda masuk BIOS, prosesor yang anda miliki tidak kedetect dengan tepat kecepatannya? Jika iya maka solusi satu-satunya adalah dengan mengupgrade BIOS pada motherboard anda. Karena begitu banyak varian motherboard yang ada dan tidak mungkin bisa saya sebutkan dan jelaskan satu-satu. Maka saya mengambil satu contoh saja, yaitu dengan menggunakan Motherboard ASUS P5GC-MX. Prinsip kerjanya kurang lebih sama.
Pertama, cari BIOS driver terbaru dari masing-masing type motherboard anda. Caranya dengan mengunjungi website dari motherboard itu berasal. Dalam contoh menggunakan ASUS P5GC-MX, maka saya mengunjungi website ASUS dan mencari type yang sesuai.

Kedua, setelah anda mendapatkan alamatnya, didownload versi BIOS terbaru (Pada saat Post ini dirilis versi terbaru : P5GC-MX-ASUS-1333-0407.ROM) di
ASUS Support

Ketiga, cari driver motherboard anda dan ambil File AFUDOS.

Keempat, cari disket yang masih bagus dan format dalam bentuk MS-Prompt. Setelah diformat masukkan file afudos dan P5GC-MX-ASUS-1333-0407.ROM ke dalam disket.
Kelima, restart computer dan masuk BIOS dan setting agar Floppy disk yang dijalankan terlebih dahulu. Terus disimpan dan keluar dari BIOS
Keenam, sim salabim computer akan menjalankan file di disket dan mengupgrade BIOS anda.

Motherboard Gigabyte dapat dibaca di
Gigabyte PDF

Catatan penting : jangan sampai ada gangguan listrik pada saat sedang menjalankan langkah ke enam. Ada baiknya sediakan UPS pada saat mengupgrade BIOS anda karena jika sampai ada gangguan listrik dan gagal maka ucapkan salam perpisahan terhadap Motherboard anda.

Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya dan akan dijawab

Komentar :

ada 0 Comments ke “Procedure Upgrade BIOS (Basic Input Output System)”